Langsung ke konten utama

MasKur.

Senandung Tom York,Atraksi elektrik gitar dan betotan serta olah sound bass yang berdentam ala Greenwood bersaudara,ketukan ganjil drum Selway dan ritme yang ritmis dan meloncat-loncat dari gitar Od O'Brien. Radiohead memang kejam tak satupun membuatku bisa mencelanya

Masih menatap monitor Hewlett-Packard kuno yang di sisi atas layarnya sudah tampak kebiruan.

Sepertinya lama sekali tidak menulis di blog ini. Inkonsistensi menurut para bloger aktif...tapi ini bukan prioritas konsistensiku.

Menulis di blog adalah sekedar menulis,ya sekedar keinginan,kalau sempat dan mampu di tulis kalaupun tidak ya biarkanlah. Ada hal yang menurutku butuh energi besar dan benar-benar konsisten dan itu adalah untuk selalu keren dihadapan sang Maha Keren..

Seperti biasa aku mulai bergerak tak tentu arah ketika radiohead berdendang,tak melawan dan tak juga mengikuti aliran apapun,aku melayang tak mengikuti angin hanya mengambang dan mengambang..

Kalau bicara tentang cerita dan kisah-kisah perjalanan orang lain aku sangatlah luar biasa konsumtif. Aku pendengar yang rakus.

Beberapa kisah hadir tadi sebelum sahur,masih sekitar tengah malam dan berakhir dini hari.


aku mengenalnya dengan instalasi 3 huruf itu K-U-R,entah siapa namanya,karena ia lebih tua dariku maka aku menyebut namanya dengan agak panjang, bertambah 3 huruf lagi M-A-S..


Mas Kur adalah seorang sahabat dari Mas Hakim sahabatku,dan tentu saja kami mudah langsung akrab,mungkin kalau ada intensitas yang lebih banyak mungkin aku bisa saja langsung mengatakan dia sahabatku,karena Mas Kur yang luar biasa baik hati mudah sekali dipercaya.Dan bukankah kunci menjadi sahabat adalah Kepercayaan..

Kembali ke kisah dan cerita Mas Kur pra sahur tadi. Mas Kur menjadi sopir taksi karena keinginannya untuk kuliah gagal,menurutnya karena restu Ibunya yang tak didapatkannya.

Dengan bermodalkan bisa bawa mobil alias nyetir,dan sepasang burung merpati,akhirnya ia pun menjadi sopir taksi, sopir taksi angkatan pertama di jember tepatnya,karena memang taksi di Jember pada waktu itu baru saja ada.Bahkan Mas kur mendapatkan lowongan sebelum perusahaan taksi itu beroperasi,jadi dia benar-benar pioneer.

Menjadi sopir taksi ternyata tak semudah bayanganku.Mungkin selain Aku,Windi,Mas hakim,Indra yang beranjak tidur dan IIp yang sedang melamun, sedang membayangkan betapa penuh dengan dinamika menjadi sopir, apalagi Mas Kur bekerja sering kali malam hari,dia hapal betul dunia malam,dan kehidupan liarnya yang kadang hanya bisa dilihat di film-film TV,tapi karena cerita ini keluar dari mulut Mas Kur ini berarti benar adanya dan  jelas bukan fiksi belaka...

Ia pernah membawa taksinya membawa penumpang yang menurut ukuran warga Jember orang yang keren,Bimbim Slank dan Ibunya "Bunda Iffet".Ternyata kakek dari Bim-Bim adalah orang jember,atau setidaknya di makamkan di Jember. Sebagai seorang slanker yang murtad otakku langsung melanglang buana dan menjawab dengn mudah mengapa Slank mudah saja menerima Anang untuk bergaul di potlot.

Ketika peristiwa taksi membawa selebritis jalan-jalan itu,Mas Kur lagi menunggu kelahiran anak pertama,karena kejadian taksi di sewa selebritis itu, ia dengan mudah saja menamakan anaknya Bima,nama asli dari Bim-bim.

Dari beberapa cerita lucu dan konyol yang membuatku terpingkal,ada juga cerita tragis.

Cerita yang sangat miris adalah ketika Ms Kur dan Ms Hakim saling melengkapi cerita tentang kisah seorang gadis yang mengikuti kemana saja langkah sopir taksi ini beranjak pergi. Gadis ini cantik menurut Mas Hakim dan disetujui oleh Mas Kur. Gadis dalam cerita itu adalah gadis remaja usia SMP yang gundah.

singkat cerita..

Di sebuah kamar kost Mas Hakim dan Mas Kur menginterograsi untuk mengungkap kenekatan gadis muda belia ini mengapa ia kabur dari rumah, tiba tiba ia melapas bajunya. Di sekitar paha hingga hampir pangkal,di bawah payudara dan di beberapa sudut tubuh yang lain ada bekas sundutan rokok,yang menurutnya ini hasil kekejaman ayahnya kandungnya.

Tiba-tiba kepalaku pusing mendengarnya,otakku menerawang jauh,menyusuri kemana gadis itu pergi,membayangkan traumatis yang benar-benar tragis dan benar-benar ada.

Mas Kur orang hebat,orang yang kaya pengalaman,dan benar-benar bernurani karena tak pernah sekalipun memanfaatkan keadaan,di luar hubungan sopir dan penumpang.

Ia juga seorang guru Olahraga yang sempat membawa murid-murid lugu dari desanya menjadi atlit berprestasi di provinsi dan nasional

Sekali lagi aku terkagum-kagum dengan sosok manusia yang berhasil memenangkan nuraninya dalam bratayuda hidupnya..

..dan kemanakah gadis itu pergi...

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih Pak Dhe,,, ini pertama kali saya menang Kuis...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pahlawan Tanpa Tanda Tanya...

Sebenarnya ketika melihat tema yang diberikan,sedikit bingung,karena harus menuliskan tentang pahlawan, aku melihat kata ini terlalu agung untuk di berikan kepada  seorang individu tertentu. P ahlawan yang kita ketahui dari pelajaran sekolah  berarti  sosok individu sangat hebat,dan pemberani. Dalam cerita cerita perjuangan mereka adalah protagonis dan para penjajah   adalah antagonisnya.. Ketika akan menuliskan kata pahlawan dalam benak  mulai membayangkan,seorang laki-laki di atas kuda putih yang berjingkat,orang itu memakai sorban putih dan memegang keris.    Dari banyaknya pejuang yang terkenal dan hidup di era penjajahan  seperti I Ketut Jelantik,Imam Bonjol,Diponegoro dan lain-lain, mereka sangat di kenal dan bahkan gambar mereka di tempelkan di dinding-dinding sekolahan.  Awetnya kehadiran bangsa Belanda selama 350 tahun di Indonesia adalah sebuah bukti bahwa penjajahan yang hanya dirasakan oleh beberapa golongan saja. Orang-orang yang melawan Belanda pada saat itu,

Ruang Maya Tapi Bukanlah Ruang Semu..

blog,blog,blog,blogger,blog,blog,blog,blogger.... Ruang baru ini telah beberapa bulan.. Interaksi ini terjadi,berbagai karakter,berbagai harapan,berbagai kisah dan berbagai hal dan perihal Sebenarnya blog secara subjektif bukan hanya menjadi sebuah blog dan ternyata bukan hanya tempat untuk sekedar menulis dan membaca, tetapi sebuah ruang berfikir,ruang merenung dan ruang untuk bersosialisasi dan berbagi. blog juga tempat untuk tetap bersentuhan dengan saudara,kawan atau sekedar kenalan. Untuk beberapa orang yang saya kenal, blog malah telah menjadi rumah kedua, dalam perspektif subjektif saya, blog menjadi alat untuk bersentuhan dengan orang-orang yang memang sebelumnya saya kenal. ada interaksi primer sebelumnya,dan tak terputus hanya pada sebuah blog. aktifitas di blog telah mengantar saya pada lingkungan baru yang produktif,inspiratif dan aspiratif. Saya bukan bloger yang suka bertamu di banyak blog atau istilanya blog walking. dan kalaupun saya bertamu itu karena ingin

Meremehkan Waktu

Pagi tadi........ Terbangun entah jam berapa yang jelas adzan subuh belum dimulai,hanya liukan nada-nada tarhim yang terdengar, melihat layar monitor yang mati dan sedikit menggerakkan mouse agar nyala monitor hidup lagi, coba bangun tapi berat sekali,ya kemudian kuputuskan merebah lagi, dan menutup mata dan berencana terbangun sebentar lagi........... Tiba-tiba mata terbuka byarrrrr hari sudah terang,bangun dengan sedikit agak histeris melihat jam dinding sudah jam 6 lewat, waktu sholat shubuh sudah berlalu,hmmmmm. akhirnya sholat dengan di sisipi kata "qodloan ", ya ...gara-gara tak berfikir panjang, membiarkan mata menutup dan menyakinkan diri akan tebangun  sebentar lagi,, dan ini berakibat gagal melakukan sesuatu pada waktunya,tapi cukup melegakan  tenyata ada alternatif... ............................ Aku selalu percaya bahwa Sholat adalah kegiatan yang di berikan kepada manusia yang hasilnya untuk manusia itu sendiri. karena Allah akan selalu Maha Besar tanpa ma